Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan ketiganya di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 usai menekuk rival kuat, Vietnam. Dua pemain pengganti yang dimasukkan pelatih Fachri Husaeni, supersub, menjadi pembeda di atas lapangan.

Indonesia sebenarnya memulai laga dengan positif. Serangan yang dibangun sempat membuat lini belakang Vietnam kelabakan. Bahkan, sebuah tendangan dari pemain tengah garuda muda membuat kiper Vietnam harus berjibaku menepis keluar lapangan.

Sayang, sebuah kelengahan di menit kelima dari timnas harus dibayar mahal. Sebuah sapuan tidak sempurna dari pemain belakang Indonesia berhasil dikonversi menjadi gol oleh gelandang Vietnam Dinh Thanh Thung berhasil membobol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Sutaryadi.

Tertinggal 1 gol, Fachri memasukkan winger lincah Mochamad Supriyadi menggantikan Amanar Abdillah di menit ke-26. Hasilnya luar biasa, pemain asal Surabaya itu langsung membayar kepercayaan sang pelatih dengan mencetak gol melalui aksi individualnya. Supriyadi mencetak gol hanya 3 menit selepas masuk ke lapangan. Babak pertama berakhir 1-1.

Babak kedua, David Maulana dkk langsung tancap gas membombardir pertahanan Vietnam. Hasilnya luar biasa, pemain pengganti lainnya, Amiruddin Bagus Kahfi, yang masuk menggantikan Sutan Zico membawa Indonesia berbalik unggul 1-2. Gol dicetak melalui titik putih setelah David Maulana dijatuhkan di dalam kotak penalti. Eksekusi Bagus Kahfi mengecoh kiper Vietnam.

Di atas angin, serangan terus dilancarkan anak muda merah putih. Dan akhirnya, Bagus Kahfi mencetak gol keduanya di menit 60. Gol bermula dari akselerasi cantik Bagas Kahfa yang tak lain adalah saudara kembar Bagus, yang diakhiri dengan sebuah umpan mendatar ke arah Bagus. Tanpa kesulitan, pemain bernomor punggung 20 itu menceploskan si kulit bundar melalui kaki kirinya. Skor menjadi 1-3 bagi garuda muda.

Keunggulan itu bertahan beberapa menit. Pada menit 73 Indonesia kembali kebobolan melalui titik putih. Hadiah penalti yang diberikan kepada Vietnam U16 dieksekusi dengan baik oleh Dinh Thanh dan memperkecil ketertinggalan atas Indonesia U16.

Vietnam semakin mendapat angin usai memperkecil ketertinggalan. Mereka terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Merah Putih. Namun, sebuah skema serangan yang gagal akirnya menjadi trigger terjadinya gol keempat Indonesia.

Bagus Kahfi yang mendapat bola berlari menusuk ke lini pertahanan Vietnam. Tiga pemain bertahan membayanginya. Sadar posisinya dikepung, Bagus dengan cerdik memberikan umpan kepada Andre yang berlari dari belakang tanpa perngawalan. Lewat sentuhan kaki kanannya, pemain asal medan itu sukses menjebol gawang Vietnam. Skor akhirnya menjadi 2-4 di menit 80+4 sekaligus menjadi skor akhir permainan.

Kemenangan ini membawa Indonesia kokoh di puncak grup A dengan 9 poin dari 3 kali menang. Sedangkan Vietnam tertahan di posisi kedua dengan 6 poin. Indonesia berpeluang besar lolos ke babak semifinal. Laga keempat David Maulana dkk akan menghadapi Timor Leste. Kemenangan membuat Indonesia akan menjadi juara grup.

Advertisements

2 thoughts on “Hasil Piala AFF U16 Grup A: Indonesia Hajar Vietnam, Supersub Berjaya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.