Indonesia akan memulai kampanye merebut gelar ke-14 Thomas Cup di Thailand dengan tergabung di grup B bersama Korea, Kanada dan tuan rumah Thailand. Grup berat melihat kekuatan Korea yang secara tradisional memang kuat di Thomas Cup dan status tuan rumah Thailand yang kini bulutangkisnya sedang bangkit. Kanada menjadi negara paling ringan di grup ini.

Sementara itu, juara bertahan Thomas Cup 2016 Denmark akan meladeni tantangan Malaysia, Rusia dan debutan asal Afrika, Aljazair di grup D. Malaysia akan menjadi lawan paling berat bagi Denmark, namun Rusia juga punya ganda putra kelas dunia yang tidak bisa diremehkan.

Grup A akan mempertemukan raksasa bulutangkis dunia, China, yang coba akan ditantang kekuatan India, Prancis dan Australia. India dengan kekuatan tunggal putranya yang merata bisa menjadi batu sandungan negeri tirai bambu itu untuk lolos dari fase grup.

Grup terakhir adalah grup C yang akan diisi China Taipei, juara Thomas Cup 2014 Jepang, Jerman dan Hongkong. China Taipei dan Jepang menjadi kandidat kuat dari grup ini, namun kekuatan Hongkong akhir-akhir ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Uber Cup

Di sektor putri, tim Uber Indonesia yang diperkuat Fitriani sebagai tunggal utama akan tergabung di grup D bersama juara bertahan China sebagai unggulan utama, Prancis sebagai wakil Eropa dan Malaysia yang mencoba bangkit di sektor putri. Peluang Indonesia di sektor ganda lebih besar dibanding tunggal. China akan menjadi negara yang hampir dipastikan lolos dari fase grup, satu pendampingnya antara Indonesia dan Malaysia.

Grup A akan diisi finalis Uber Cup 2014 Jepang, India, Kanada dan Australia. Jepang dan India punya peluang paling besar untuk lolos dari fase ini. Bahkan, Jepang diprediksi banyak pengaamat akan melaju hingga final.

Korea dan Denmark akan bersaing ketat di grup C bersama Rusia dan Mauritus. Dua negara pertama nampaknya akan melaju dari fase grup dengan cukup mudah. Rasa-rasanya mereka hanya akan bertarung memperebutkan juara grup saja.

Kekuatan baru sektor putri, Thailand akan menjadi target tiga negara lain di grup B yakni China Taipei, Hongkong dan Jerman. China Taipei dengan tunggal putri nomor 1 dunia saat ini, Tai Tzu Ying akan menjadi penghadang terbesar tuan rumah guna melaju ke fase selanjutnya. Jika Ratchanok Intanon mampu menjinakkan Tai Tzu Ying, juara grup bukanlah hal mustahil bagi Thailand.

Thomas Cup:

Group A: China, India, France, Australia
Group B: Indonesia, Korea, Canada, Thailand
Group C: Chinese Taipei, Japan, Germany, Hong Kong
Group D: Denmark, Malaysia, Russia, Algeria

Uber Cup:

Group A: Japan, India, Canada, Australia
Group B: Thailand, Chinese Taipei, Germany, Hong Kong
Group C: Korea, Denmark, Russia, Mauritius
Group D: China, Indonesia, France, Malaysia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.