MUI Sebut Puisi Sukmawati Lecehkan Islam!

Sukmawati Soekarnoputri mendadak menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, apa yang ditampilkannya di acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya menuai kontroversi. Puisi berjudul Ibu Indonesia yang dibuat dan dibacakannya ternyata dianggap melecehkan Islam.

Dalam puisi tersebut, Sukmawati menganggap rendah suara azan dan jilbab serta telah melecehkan Syariat Islam. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menilai puisi anak proklamator Soekarno itu melecehkan Islam.

“Kita prihatin kenapa ada keluarga tokoh proklamator yang gagal memahami akidah iman Islamnya sebegitu parah,” kata pengurus MUI Pusat Irjen Pol (Purn) Anton Tabah Digdoyo kepada suaranasional.com, (3/4/2018).

Anton mengatakan, puisi Sukmawati itu telah melecehkan syariat Islam yang sangat dimuliakan diagungkan dan dihormati terutama masalah azan serta jilbab.

“Saking mulianya azan Nabi Muhammad SAW melarang kita bicara ketika mendengar azan dikumandangkan dalam sabdanya yang mashur ‘siapa yang bicara ketika dengar azan dikumandangkan ia akan kepayahan ketika sakaratul maut’. Begitulah keagungan azan kok dilecehkan,” jelas Anton.

Kontroversi Sukmawati tidak hanya kali ini. Sebelumnya di tahun 2008 Sukmawati tersangkut kasus ijazah palsu saat mendaftar sebagai Caleg dari Partai PNI Marhaenisme. Kala itu Sukmawati dilaporkan oleh KPU ke Mabes Polri. Dia dituduh memalsukan dokumen kelulusan SMA dalam berkas pendaftaran bakal caleg dari PNI Marhaenisme untuk Pemilu 2009 seperti dikutip dari detik.com (3/4/2018).

Selain itu, Sukmawati juga pernah melaporkan Habib Rizieq ke Bareskrim Polri pada Oktober 2016 lalu. Sukmawati mengatakan, Habib Rizieq dianggap telah melecehkan Pancasila saat Tabligh Akbar FPI.

“Saya datang sebagai Ketua Umum PNI Marhaenisme melaporkan Habib Rizieq Ketua FPI perihal penodaan terhadap lambang dan dasar negara Pancasila, serta menghina kehormatan martabat Dr. Ir Soekarno sebagai Proklamator kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama Republik Indonesia,” kata Sukmawati Soekarno di Bareskrim Polri di Gedung KKP Bahari II, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, dari detik.com (27/10/2016).

Kembali ke kasus Puisi “Ibu Indonesia”, Sukmawati membantah jika dirinya melecehkan Islam. Ia berpendapat bahwa puisi itu adalah pendapatnya yang jujur, bukan SARA.

Sukmawati menjelaskan jika dalam puisi itu dirinya mengarang cerita, karena baginya mengarang puisi itu sama halnya seperti mengarang sebuah cerita.

Bahkan dirinya menjelaskan bagian puisi yang berbunyi “Aku tak tahu syariat Islam Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok” dirinya sebagai seorang Budayawan menyelami pikiran rakyat Indonesia di beberapa daerah yang menurutnya memang tidak mengerti syariat Islam seperti di Indonesia Timur, Bali dan daerah lainnya seperti dikutip dari kupang.tribunnews.com (3/4/2018).

Berikut Petikan Puisi Ibu Indonesia oleh Sukmawati Soekarnoputri:

Ibu Indonesia

Aku tak tahu Syariat Islam
Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah
Lebih cantik dari cadar dirimu
Gerai tekukan rambutnya suci
Sesuci kain pembungkus ujudmu
Rasa ciptanya sangatlah beraneka
Menyatu dengan kodrat alam sekitar
Jari jemarinya berbau getah hutan
Peluh tersentuh angin laut

Lihatlah ibu Indonesia
Saat penglihatanmu semakin asing
Supaya kau dapat mengingat
Kecantikan asli dari bangsamu
Jika kau ingin menjadi cantik, sehat, berbudi, dan kreatif
Selamat datang di duniaku, bumi Ibu Indonesia

Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu
Gemulai gerak tarinya adalah ibadah
Semurni irama puja kepada Illahi
Nafas doanya berpadu cipta
Helai demi helai benang tertenun
Lelehan demi lelehan damar mengalun
Canting menggores ayat ayat alam surgawi

Pandanglah Ibu Indonesia
Saat pandanganmu semakin pudar
Supaya kau dapat mengetahui kemolekan sejati dari bangsamu
Sudah sejak dahulu kala riwayat bangsa beradab ini cinta dan hormat kepada ibu Indonesia dan kaumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.